Cari lowongan kerja

Hak Cipta

WhatsApp Telegram

Tidak ada lowongan tersimpan.

Simpan lowongan favorit dengan tombol "Simpan" di halaman rincian pekerjaan.

 

 About Hak Cipta


Apa yang dimaksud dengan Hak cipta?

Jenis karya apa yang terikat pada hak cipta?

Kepemilikan hak cipta memberikan hak eksklusif kepada pemiliknya untuk menggunakan karya, dengan beberapa pengecualian. Saat seseorang membuat sebuah karya asli, yang terpasang tetap pada media penyimpanan fisik, dia secara otomatis memiliki hak cipta atas karya tersebut.

Ada banyak jenis karya yang memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, misalnya:

Karya audio visual, misalnya acara TV, film, dan video online
Rekaman suara dan komposisi musik
Karya tulis, misalnya bahan kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
Karya visual, misalnya lukisan, poster, dan iklan
Video game dan software komputer
Karya drama, misalnya lakon dan musikal
Copyright Office (Kantor Hak Cipta) memiliki informasi secara online, dan Anda dapat menghubungi pengacara jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut.

Dapatkah saya menggunakan konten dari karya yang dilindungi hak cipta?
Pemegang hak cipta berhak mengontrol sebagian besar penggunaan karyanya. Dalam beberapa situasi, karya yang dilindungi hak cipta dapat digunakan tanpa melanggar hak ciptanya:

Anda telah menghubungi pemegang hak cipta, yang telah mengizinkan Anda untuk menggunakan konten tersebut. Sebaiknya Anda mendapatkan izin tertulis dari mereka, misalnya, dalam bentuk perjanjian lisensi.
Beberapa pemegang hak cipta menyediakan karyanya bagi orang lain untuk digunakan kembali tanpa kompensasi, dengan sejumlah persyaratan. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat membaca lisensi Creative Commons.
Dalam beberapa kasus, Anda dapat menggunakan konten dari karya yang dilindungi oleh hak cipta tanpa mendapatkan izin dari pemegang hak cipta. Hal itu dikarenakan beberapa penggunaan karya berhak cipta dianggap sebagai "penggunaan wajar" atau mungkin berada dalam batasan atau pengecualian atas hukum hak cipta seperti penggunaan wajar. Jika Anda tidak yakin apakah penggunaan yang Anda pertimbangkan bersifat legal tanpa izin, Anda dapat berkonsultasi dengan pengacara.
Bagaimana jika saya menyatakan bahwa "tidak bermaksud melanggar hak cipta"?
Jika Anda tidak memiliki izin untuk menggunakan karya yang dilindungi hak cipta, konten Anda tetap dapat dihapus meskipun:

Anda mencantumkan pemegang hak cipta dalam daftar kredit.
Saat memberikan izin untuk menggunakan karyanya, beberapa pemegang hak cipta meminta Anda untuk melakukan hal ini. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga perlu mencantumkan pemegang hak cipta dalam daftar kredit jika Anda berencana untuk menggunakan karyanya dengan cara yang Anda anggap sebagai penggunaan wajar. Namun, hal ini tidak otomatis memberi Anda hak untuk menggunakan konten tanpa izin.

Anda membeli konten tersebut, termasuk salinan fisik atau digital.
Memiliki salinan berarti Anda mungkin dapat menjual salinan tersebut atau memberikannya kepada teman, namun tidak memberi Anda hak untuk berbagi konten tersebut secara publik dengan seluruh pengguna internet.

Anda tidak mendapatkan keuntungan dari konten tersebut.
Meskipun kemungkinan penggunaan non-komersial dapat dianggap sebagai penggunaan wajar, atau mungkin memenuhi persyaratan beberapa lisensi, tidak menghasilkan keuntungan saja tidak selalu berarti penggunaan Anda tidak melanggar.

Anda telah melihat konten serupa di tempat lain di internet.
Pengguna lain tersebut mungkin telah mendapatkan izin untuk membagikan konten, atau mereka mungkin menggunakan konten dengan cara yang dapat dianggap sebagai penggunaan wajar.

Anda merekam konten Anda sendiri dari TV, bioskop, atau radio.
Membuat salinan Anda sendiri dari salah satu sumber ini tidak memberi Anda hak atas konten utama.

Anda menyalin sendiri konten tersebut dari buku teks, poster film, atau foto.
Seperti dijelaskan di atas, membuat salinan Anda sendiri tidak memberi Anda hak atas konten utama.

Anda telah menyatakan bahwa "tidak bermaksud melanggar hak cipta".
Hal ini tidak pernah membantu. Pelanggaran hak cipta merupakan pelanggaran "kewajiban mutlak". Artinya, saat pengadilan memutuskan bahwa ada pelanggaran hak cipta, pengadilan tidak akan melihat apakah Anda bermaksud melanggar atau tidak.

Dapatkah Google menentukan kepemilikan hak cipta?
Tidak. Google tidak dapat memediasi sengketa kepemilikan hak. Saat menerima permintaan penghapusan yang lengkap dan valid, kami akan menghapus konten sesuai dengan hukum yang berlaku. Saat menerima permintaan pemulihan yang valid, kami akan meneruskannya kepada orang yang meminta penghapusan konten tersebut. Jika masih ada sengketa, hal itu dikembalikan kepada para pihak yang terlibat untuk menyelesaikan masalah tersebut di pengadilan.

Apa perbedaan antara hak cipta & merek dagang? Bagaimana dengan paten?
Hak cipta hanyalah salah satu bentuk kekayaan intelektual. Hak cipta tidak sama dengan merek dagang yang melindungi nama merek, moto, logo, dan pengidentifikasi sumber lain dari penggunaan oleh orang lain untuk tujuan tertentu. Hak cipta juga berbeda dari hukum paten, yang melindungi penemuan.

Apa perbedaan antara hak cipta & privasi?

Hanya karena Anda muncul dalam video, gambar, atau rekaman audio, bukan berarti Anda memiliki hak cipta atas konten tersebut. Misalnya, jika teman Anda mengambil gambar Anda, dia akan memiliki hak cipta atas gambar yang dia ambil. Jika teman Anda, atau orang lain, mengupload video, gambar, atau rekaman yang menampilkan diri Anda tanpa izin dari Anda dan Anda merasa konten tersebut melanggar privasi atau mengancam keamanan diri, Anda dapat mengajukan keluhan privasi.

Persyaratan pemberitahuan pelanggaran hak cipta
Cara termudah untuk mengajukan keluhan adalah menggunakan pemecah masalah hukum kami.

Pemberitahuan hak cipta harus mencakup elemen berikut. Tanpa informasi ini, kami tidak dapat mengambil tindakan atas permintaan Anda:

1. Informasi kontak Anda

Anda harus memberikan informasi, seperti alamat email, alamat fisik, atau nomor telepon, sehingga kami dapat menghubungi Anda terkait keluhan Anda.

2. Deskripsi karya Anda yang diyakini telah dilanggar hak ciptanya

Dalam keluhan Anda, pastikan untuk mendeskripsikan dengan jelas dan lengkap tentang konten berhak cipta yang ingin Anda lindungi tersebut. Jika terdapat beberapa karya berhak cipta yang dicakup dalam keluhan Anda, hukum mengizinkan adanya daftar perwakilan karya yang dimaksud.

3. Setiap URL yang diduga melanggar

Keluhan Anda harus berisi URL spesifik dari konten yang Anda yakini melanggar hak Anda, atau kami tidak akan dapat menemukannya. Informasi umum tentang lokasi konten tidaklah cukup. Sertakan URL akurat dari konten yang dibahas.

4. Anda harus menyetujui dan menegaskan kedua pernyataan berikut:

"Saya yakin dengan niat baik bahwa penggunaan materi berhak cipta yang diduga melanggar dan dijelaskan di atas tidak diizinkan oleh pemilik hak cipta, agennya, atau hukum".
"Informasi dalam pemberitahuan ini akurat dan saya bersumpah, di bawah ancaman pidana atas keterangan palsu, bahwa saya adalah pemilik hak cipta atau yang berhak bertindak atas nama pemilik dari hak eksklusif yang diduga dilanggar".

5. Tanda tangan Anda

Untuk pengiriman keluhan lengkap, diperlukan tanda tangan fisik atau elektronik dari pemilik hak cipta atau perwakilan resmi yang bertindak atas nama mereka. Untuk memenuhi persyaratan ini, Anda dapat mengetikkan nama lengkap resmi Anda sebagai tanda tangan Anda di bagian bawah keluhan Anda.

Apa yang dimaksud dengan "Penggunaan Wajar"?


Di banyak negara, penggunaan tertentu atas karya yang dilindungi hak cipta tidak melanggar hak pemilik hak cipta. Misalnya, di Amerika Serikat, hak cipta dibatasi oleh doktrin "penggunaan wajar," yang menjadi dasar bahwa penggunaan tertentu atas materi berhak cipta untuk, namun tidak terbatas pada, kritikan, komentar, pelaporan berita, pengajaran, beasiswa, atau penelitian dapat dianggap wajar. Hakim AS menentukan apakah pembelaan penggunaan wajar valid berdasarkan empat faktor, yang telah kami cantumkan di bawah untuk tujuan pendidikan. Di beberapa negara lain, ada konsep serupa yang disebut "fair dealing" (pembatasan dan pengecualian terhadap hak eksklusif atas hak cipta) yang mungkin diterapkan secara berbeda.

Harap diingat, merupakan tanggung jawab Anda untuk memahami hukum yang relevan dan apakah hukum tersebut melindungi penggunaan yang Anda pikirkan. Jika Anda berencana untuk menggunakan materi berhak cipta yang bukan buatan Anda, sebaiknya minta nasihat hukum terlebih dahulu. Google tidak dapat memberikan nasihat hukum atau membuat keputusan hukum.

Faktor Penggunaan Wajar


Empat faktor penggunaan wajar:
1. Tujuan dan karakter penggunaan, termasuk kejelasan mengenai penggunaan yang bersifat komersial atau untuk tujuan pendidikan nonprofit

Pengadilan biasanya fokus pada sifat "transformatif" penggunaan tersebut. Artinya, penggunaan tersebut menambahkan ekspresi atau makna baru kepada aslinya, ataukah hanya salinan dari aslinya.

2. Sifat dasar karya berhak cipta

Menggunakan materi dari karya faktual lebih cenderung dianggap wajar daripada menggunakan karya fiksi murni.

3. Jumlah dan besarnya bagian yang digunakan terkait dengan karya berhak cipta secara keseluruhan

Meminjam sebagian kecil materi dari karya asli lebih mungkin dianggap sebagai penggunaan wajar daripada meminjam sebagian besar. Namun, bahkan sedikit mengambil dapat memberatkan terhadap penggunaan wajar dalam beberapa situasi jika yang diambil merupakan "inti" dari karya tersebut.

4. Efek penggunaan atas pasar potensial untuk, atau nilai dari, karya berhak cipta

Penggunaan yang membahayakan kemampuan pemilik hak cipta untuk mendapatkan keuntungan dari karya aslinya dengan menyajikan pengganti untuk permintaan atas karya tersebut memiliki kemungkinan kecil untuk dianggap sebagai penggunaan wajar.



Pertanyaan Umum (FAQ) tentang Hak Cipta
Saya memiliki izin untuk menggunakan konten ini. Mengapa konten ini dihapus?


Bagaimana cara mendapatkan izin untuk menggunakan lagu, gambar, atau rekaman video orang lain?

Jika saya sudah mengirimkan keluhan hak cipta ke Google, mengapa saya harus memberikan semua informasi saya setiap kali saya memiliki permintaan lain?

Apa konsekuensi pelanggaran hak cipta?

Saya telah memberi tahu Google tentang halaman yang melanggar hak cipta saya dan halaman tersebut telah dihapus, tetapi saya baru saja menerima email yang menyatakan bahwa halaman tersebut mungkin diaktifkan kembali. Apa yang terjadi?

Saya memiliki izin untuk menggunakan konten ini. Mengapa konten ini dihapus?

Jika Anda telah memiliki hak untuk menggunakan materi tertentu yang dilindungi hak cipta di halaman Anda, Anda mungkin ingin memberi tahu pemilik konten asli untuk menghindari kesalahan penghapusan. Jika halaman Anda tidak seharusnya dihapus, Anda memiliki opsi untuk meminta pembatalan dari penggugat dengan menghubunginya secara langsung atau dengan mengirimkan permintaan pemulihan.

Sebelum Anda mengirimkan permintaan pemulihan, Anda mungkin ingin bertanya kepada diri Anda sendiri untuk memastikan bahwa sengketa tersebut valid:

Apakah Anda pemilik hak cipta karya tersebut?
Apakah Anda memiliki izin dari pemilik hak cipta yang sesuai atas semua materi pihak ketiga yang digunakan dalam karya tersebut?
Apakah penggunaan Anda atas materi berhak cipta apa pun dianggap sebagai penggunaan wajar atau memenuhi syarat untuk pengecualian sesuai dengan hukum hak cipta yang berlaku?
Apabila salah satu dari ketentuan di atas berlaku untuk konten Anda, Anda mungkin ingin melakukan penelitian terkait proses sengketa yang paling sesuai atau berkonsultasi dengan pengacara. Jika tidak, Anda dapat dianggap melanggar hukum hak cipta.

Bagaimana cara mendapatkan izin untuk menggunakan lagu, gambar, atau rekaman video orang lain?

Jika Anda berencana menyertakan materi yang dilindungi hak cipta dalam karya Anda, Anda mungkin harus meminta izin terlebih dahulu. Google tidak dapat memberikan hak tersebut kepada Anda dan kami tidak dapat membantu Anda untuk menemukan dan menghubungi pihak yang mungkin dapat memberikan hak tersebut kepada Anda. Anda sendirilah yang harus mencari tahu atau menghubungi pihak tersebut, atau hubungi pengacara untuk meminta bantuan.

Jika saya sudah mengirimkan keluhan hak cipta ke Google, mengapa saya harus memberikan semua informasi saya setiap kali saya memiliki permintaan lain?

Sesuai dengan hukum hak cipta, kami mengharuskan pemberitahuan hak cipta lengkap untuk setiap permintaan penghapusan.

Cara termudah untuk mengirimkan keluhan lainnya adalah dengan menggunakan formulir web online kami.

Apa konsekuensi pelanggaran hak cipta?

Bagi Google, konsekuensi dari pelanggaran hak cipta tidaklah rumit. Kami mematuhi Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Menurut hukum tersebut, kami dapat, jika diberi tahu dengan tepat, menonaktifkan akses ke konten yang melanggar hukum hak cipta yang berlaku.

Jika kami menerima pemberitahuan pelanggaran yang valid yang mengidentifikasi konten terkait dengan karya Anda, konten tersebut akan dihapus dan Anda akan menerima teguran.

Selain itu, pemilik hak cipta dapat memilih untuk menuntut pelanggaran. Di AS, pelanggaran hak cipta dapat mengakibatkan pembebanan ganti rugi menurut hukum hingga $150.000 per karya yang dilanggar dan, dalam beberapa kasus, hukuman pidana.

Saya telah memberi tahu Google tentang halaman yang melanggar hak cipta saya dan halaman tersebut telah dihapus, tetapi saya baru saja menerima email yang menyatakan bahwa halaman tersebut mungkin diaktifkan kembali. Apa yang terjadi?

Kami mungkin telah menerima permintaan pemulihan terkait permintaan penghapusan Anda. Sesuai dengan hukum yang berlaku, konten tersebut akan diaktifkan kembali kecuali jika Anda mengirimkan bukti bahwa Anda telah mengajukan tuntutan pengadilan terhadap pengguna yang berusaha menahan aktivitas yang diduga melanggar, atau klaim terhadap pengguna menurut Dewan Klaim Hak Cipta Kantor Hak Cipta Amerika Serikat. Jika kami tidak menerima bukti tersebut dari Anda dalam waktu 10 hari, kami dapat mengembalikan materi tersebut ke Google agar diaktifkan lagi.

Pernyataan penyangkalan: Kami bukan pengacara Anda dan informasi yang tersedia di sini bukanlah nasihat hukum. Kami hanya menyediakannya sebagai informasi.


Kebijakan Pelanggar Berulang Hak Cipta

Untuk melindungi hak pemegang hak cipta, Google menerapkan kebijakan pelanggar berulang hak cipta yang memungkinkan kami mengambil tindakan terhadap pengguna yang berulang kali menyalahgunakan layanan kami dengan melanggar standar hak cipta Google dan hukum setempat.



Kebijakan pelanggar berulang kami diberlakukan secara ketat untuk mengambil tindakan tepat waktu setelah adanya pemberitahuan terhadap pengguna yang berulang kali menyalahgunakan layanan kami dengan cara ini. 


Siapa yang dimaksud dengan pelanggar berulang dan bagaimana cara menentukannya?

Berdasarkan kebijakan Google, ‘pelanggar berulang’ adalah setiap pengguna yang terus-menerus gagal mematuhi kebijakan pelanggar berulang Google. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya beberapa keluhan hak cipta yang valid terhadap mereka dalam jangka waktu yang ditentukan, dan dapat mengakibatkan pembatasan akun pelanggar berulang tersebut.

 


Jika kami menerima keluhan hak cipta valid yang mengidentifikasi konten yang melanggar yang dipublikasikan di produk Google mana pun, konten tersebut akan dihapus. Jika hal ini terjadi terlalu sering, kami akan mengambil tindakan terhadap akun yang memublikasikannya dan penggunanya akan diberi tahu. Setelah kami mengambil tindakan terhadap suatu akun, akses penggunanya ke layanan Google dapat dicegah atau dibatasi hingga banding yang berhasil diterima dan diproses. 


 

Jumlah pelanggaran yang dianggap terlalu banyak dan hal yang akan mengakibatkan tindakan terhadap akun bervariasi menurut produk. Keputusan kami untuk membatasi akun akan didasarkan pada semua bukti yang tersedia, termasuk pertimbangan seperti dugaan pemegang hak cipta, apakah kontennya telah dihapus dengan cepat, dan semua banding yang berhasil terhadap pelanggaran individu atau pembatasan akun.


Apakah ada opsi banding?

Kami berkomitmen untuk membuat platform kami dapat diakses oleh pengguna. Oleh karena itu, kami mempertimbangkan pembatalan dan banding saat menerapkan kebijakan pelanggar berulang kami.


Pembatalan 

Pembatalan adalah permintaan yang diajukan oleh pelapor kepada Google untuk membatalkan keluhan hak cipta yang awalnya dibuat. Google akan menilai pembatalan dan memulihkan konten yang sebelumnya dihapus, jika sesuai. Pembatalan hanya akan dipertimbangkan jika diajukan oleh pelapor asli dengan justifikasi yang valid. Sebaiknya pengguna langsung menghubungi pelapor untuk meminta pembatalan atau menegosiasikan perjanjian, sebelum mengajukan banding kepada Google. 


Banding

Mengajukan banding atas keluhan hak cipta individu

Jika konten Anda di salah satu produk Google telah dihapus karena adanya keluhan hak cipta dan Anda yakin telah terjadi kesalahan atau Anda telah memperoleh hak untuk menggunakan materi yang dilindungi hak cipta, Anda dapat mengajukan banding agar tidak menjadi pelanggar berulang. Ikuti petunjuk berikut untuk melakukannya:


Jika konten Anda dihapus karena adanya keluhan DMCA, Anda dapat mengajukan permintaan pemulihan di sini. Perlu dipahami bahwa pengajuan permintaan pemulihan dapat berujung pada proses hukum antara Anda dan pihak pelapor. Setelah menerima permintaan pemulihan Anda, kami akan meneruskannya kepada pihak yang mengirimkan klaim awal atas pelanggaran hak cipta. Anda dapat membaca selengkapnya tentang permintaan pemulihan di FAQ kami.

Jika konten Anda dihapus karena adanya keluhan terkait hukum hak cipta setempat, Anda dapat mengajukan sengketa atas pemberitahuan tersebut di sini.

Mengajukan banding atas pembatasan akun 

Jika Akun Google Anda dibatasi berdasarkan kebijakan pelanggar berulang kami karena adanya beberapa keluhan hak cipta yang sah, Anda dapat mengajukan banding di sini. Perlu diketahui bahwa sebelum akun diaktifkan kembali, Anda mungkin diwajibkan untuk memperbaiki semua pelanggaran hak cipta yang menyebabkan pembatasan akun Anda. 


Kami hanya akan mengaktifkan kembali akun dengan kondisi yang meyakinkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk mengajukan banding yang cermat, akurat, dan jujur. Setelah kami memproses permohonan banding Anda dan yakin bahwa pembatasan tidak lagi diperlukan, pembatasan tersebut akan segera dihapus. Jika banding Anda tidak berhasil, akun Anda akan tetap dibatasi hingga Anda memperbaiki semua pelanggaran hak cipta dan mengajukan permohonan banding baru.


Silahkan Contact Kami Untuk mendapatkan Informasi Tambahan.


WhatsApp Telegram
Tautan disalin ke papan klip!